28 Juli 2020
Artikel tentang keunggulan, tentu ada. Semua produk ada. Bahkan dilebih-lebihkan. Mungkin tidak ada prinsipal atau agen yang pernah menulis artikel akan kelemahan dari produknya sendiri. Kami menulis ini bukan untuk mebuat sensasi, tetapi dengan mengungkap kelemahan, tentu ada kebenaran yang calon klien lebih memahami produk atap ini. Banyak lho kelemahannya! Namun ternyata dibalik kelemahan, ada benefit yang lebih banyak didapat. Mari disimak :
Ini kelemahan paling sering disebut! GAF merupakan produk impor, standarisasinya premium. Tentu kelas pasarnya adalah menengah keatas jika dibandingkan dengan atap lain. Estimasi harga tipe terendah sekitar Rp.500.000/m² terpasang. Jika dikatakan mahal, tentu harus ada pembandingnya. Misalnya dibandingkan dengan atap polycarbonate, ini seperti membandingkan partisi anyaman tikar dengan dinding bata ringan, atau dibandingkan dengan atap aspal merk lain, atau bahkan dibandingkan dengan GAF sendiri harga di USA. Di search engine, estimasi harga terpasang GAF di USA sekitar Rp.600.000/m² untuk tipe yang sama, sedikit lebih mahal disana karena asesorisnya khusus untuk 4 musim dan upah kerja yang lebih tinggi. Di Indonesia harganya bisa hampir setara karena prinsipal USA masih memberi support harga khusus untuk distribusi Indonesia.
Benefit : Jika penawaran harga atap lain selisih sedikit apalagi sama dengan GAF, berarti penawaran mereka KEMAHALAN! Ada artikel khusus membahas tentang ini, silahkan membaca https://masonry.co.id/news-30-gaf-mahal--ini-yang-calon-klien-harus-tahu.html
GAF diimpor dari USA, butuh sekitar 2 bulan untuk tiba di Indonesia, tentu ini mempengaruhi kesediaan barang karena melalui beberapa tahapan distribusi. Beda jauh dengan atap-atap lain, apalagi produksi dalam negeri. GAF ekslusif diproduksi di USA, tidak ada di negara lain.
Benefit : Walaupun impor, buffer stock nasional selama ini selalu bisa meng-cover demand. Ada team khusus yang selalu memantau statistik distribusi kesediaan barang dan peningkatan penjualannya dari tahun ke tahun.
Tidak seperti atap lain, seng, genteng, polycarbonate bisa dijumpai dan beli di toko-toko bangunan manapun. Keagenan GAF sangat terbatas, tidak di setiap kota ada agennya. Untuk mengetahui keagenan GAF di Indonesia, silahkan buka website www.gafindonesia.com atau di search engine.
Benefit : Properti anda mempunyai nilai ekslusif, terdata di GAF, dengan garansi mulai dari 25 tahun hingga LIFETIME. Jika di kota anda tidak ada keagenan, silahkan kontak kami info@masonry.co.id atau GAF Indonesia, jangan kuatir, pasti akan direspon, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. GAF tidak gegabah akan penunjukan agen. Survey pasar, kemampuan daya beli daerah tersebut, budaya lokal, kesiapan calon agen, tidak hanya kemampuan finansial, kelengkapan team, kesiapan kantor & gudang, pengalaman perusahaan dan masih banyak lagi. Karena tidak hanya keterikatan bisnis, tetapi hubungan kekompakan team nasional jangka panjang yang bersama melayani klien memberikan kualitas pelayanan terbaik.
GAF merupakan jenis atap elastis, tidak kaku seperti jenis atap lainnya, seperti, seng, genteng , polycarbonate, yang bisa langsung diaplikasikan diatas rangka atap. GAF membutuhkan media datar berupa multiplek atau OSB sebagai dudukannya. Harus ada budget untuk media datar tersebut.
Benefit : Media datar tersebut memberi kekuatan untuk seluruh permukaan atap. Jika ada pekerjaan servis diatas atap, seseorang melangkah leluasa, beda dengan atap lain yang harus berjalan di ruas rangka agar tidak retak. Segi keamanan, pencuri akan tidak mungkin melalui akses buka atap untuk mencoba masuk ke dalam rumah.
Warna alami batuan yang diremukkan (granule) menjadi komitmen GAF, tentunya menjadi keterbatasan pilihan, hanya varian warna natural batuan. GAF tidak ada yang diwarna, di cat, seperti atap lain. Warna granule juga tergantung posisi gunung yang diolah pabrik, akan ada gradasi alami, tidak mungkin warna atap akan sama seperti keramik lantai atau cat dinding. Jika ada atap aspal warnanya monoton atau gradasinya terkesan buatan pabrikasi, itu dipastikan bukan GAF. Kendala lain adalah, demand nasional hanya request warna-warna tertentu. Prinsipal lebih baik menyiapkan warna-warna best seller daripada menyiapkan seluruh warna, agar tidak menjadi stock mati. Jika ada pemesanan warna khusus, bisa disiapkan dengan syarat dan ketentuan berlaku (limit PO).
Benefit : Jika ada atap lain yang menjanjikan warna flat keseluruhan sama, apalagi sejenis atap aspal, ada kemungkinan proses produksinya diwarna, tentu tidak ada gradasi alami dan akan ada proses warna tersebut akan pudar karena cuaca. Warna granule tentu akan tidak berubah.
Tidak sembarang tukang bisa pasang GAF seperti atap-atap lainnya. Bahkan team tukang harus diterbangkan ke kota lain untuk pekerjaan GAF. Menjadi kesulitan tersendiri apalagi di masa pandemi ini. Bahkan GAF mempunyai tarif khusus untuk rate ongkos jasa pasangnya.
Benefit : Team tukang atap yang kami istilahkan Roofer, khusus di training sesuai dengan SOP GAF, memliki tingkat standarisasi sesuai dengan standar USA. Mudah bagi prinsipal untuk mengedukasi, diklat, memperkecil kesalahan aplikasi yang semuanya untuk klien memperoleh kualitas terbaik. Komunikasi dengan kami sekarang ini banyak cara yang lebih mudah dan praktis, tanpa harus bertemu fisik. Bisa melalui sosmed, website, dan banyak media komunikasi lainnya.
Atap lain bahkan yang sejenis, klien bisa membeli sesuai kebutuhan dan budget, tanpa harus lengkap dengan asesorisnya, mengganti asesoris original dengan material lain yang menurut logikanya kualitasnya sama, sedangkan GAF wajib full system, jika tidak, atapnya tidak digaransi.
Benefit : GAF mengeluarkan sertifikat garansi resmi dari GAF Indonesia untuk klien yang pemasangannya sesuai standar. Mungkin atap sejenis juga mengeluarkan sertifikat yang sama, tetapi di saat ada masalah karena asesorisnya tidak sesuai, saat dituntut perbaikan, tidak akan diperbaiki dengan berbagai alasan, sertifikat tersebut hanya kertas tidak berguna. Itulah sebabnya kami banyak re-roofing atap sejenis merk lain.
Berbeda dengan atap lain yang tidak perlu dijelaskan lagi, baik penjual, pembeli, dan tukang umumnya sudah sangat mengenal produknya, baik dalam segi kualitas, kelebihan, maupun kekurangannya. GAF merupakan produk yang butuh edukasi & presentasi diawal. Harus survey, cek rangka, kualitas media datar, desain atapnya seperti apa, ribet! Bahkan sebaiknya di presentasikan tidak hanya ke owner atau kontraktor, tetapi juga ke perencana.
Benefit : semua pihak akan sangat paham akan SOP kerja masing-masing. Jelas akan kualitas produk apa yang akan diaplikasikan. Sepadan dengan banyaknya budget yang dikeluarkan dengan apa yang didapat. Sering kali atap aspal yang dipasang tanpa ada penjelasan, tentunya dengan harga murah, berakhir masalah.
Kami menggaransi kualitas atap untuk meyakinkan klien bahwa GAF merupakan pilihan yang tepat. Tentu dari ribuan m² yang kami pasang setiap bulannya, ada satu dua kasus atap bermasalah, misalnya atap lepas. Untuk daerah yang ada agennya, ini hanya tinggal telepon, kirim foto, langsung diperbaiki, GRATIS! Bagaimana dengan properti yang di luar pulau tanpa ada agen disana? Prosedurnya tetap sama, telepon dan kirim foto, memang tidak bisa diambil tindakan langsung. Tukang atap biasa tidak akan mampu memperbaiki atap kami, karena atap tersebut self adhesive, melekat satu sama lain. Butuh proses lebih, syukur-syukur sedang ada pekerjaan pemasangan di kota tersebut, bisa langsung direspon. Kemungkinannya kecil. Ini kadang terjadi, tindakan cepat kami adalah, berkoordinasi dengan klien, klien bisa memanggil tukang atap lokal, kami guiding cara perbaikannya melalui video call. Jika memang benar masalah tersebut bagian dari garansi, segala biaya yang dikeluarkan klien untuk memanggil tukang, kami mengganti biaya tersebut termasuk material baru jika dibutuhkan di kirim ke klien.
Benefit : proyek luar kota yang tidak ada agen, kami selalu memberi perhatian lebih khusus karena pertimbangan problem after sales tidak terjadi. Benar-benar tiap sudut kemungkinan masalah kita pantau sebelum serah terima. Itu gunanya GAF butuh edukasi & presentasi ke semua pihak. Memastikan tidak ada perubahan-perubahan yang belakangan baru diketahui setelah proses pemasangan. Jika terjadi masalah yang tidak terlalu urgent, setidaknya klien paham akan tindakan apa yang segera dilakukan, baik untuk sementara atau permanent.
Mendistribusikan GAF di Indonesia tentu sudah siap akan kelemahan-kelemahan ini. Ada kelemahan-kelemahan lain yang berhasil kami tutupi, ada juga yang sengaja kami jalankan untuk memberikan benefit yang jauh lebih baik untuk klien dan kami. Kami sudah mempertimbangkan di segala bidang, tidak semua pihak atau sisi yang bisa kami puaskan, jika ada masalah, kami yakin selalu ada solusi terbaik jika dikoordinasikan bersama tanpa perlu mencari-cari kesalahan.